Kunjungan Rombongan Pemkab Purworejo ke Unit Pengolahan Sampah dan Pasar Bunder

Keberadaan Pasar Bunder dengan Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder sebagai Percontohan Pasar Sehat ternyata mengundang perhatian banyak pihak untuk berkunjung ke Sragen. Seperti pada hari Selasa (06/7), Rombongan dari Pemkab Purworejo yang tediri dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), Kantor Lingkungan Hidup, Pengelola Pasar dan dari masyarakat umum berkunjung ke Sragen. Rombongan berjumlah sekitar 35 orang ini dipimpin oleh Drs. Eko Untung Widodo selaku Kepala Kantor Lingkungan Hidup Purworejo dan diterima langsung oleh Heru Martono, Kepala Bidang Pengelola Pasar Dinas Perdagangan dan Perpajakan Daerah (DP2D) dan bertempat di Aula kantor DP2D.

Drs. Eko Untung Widodo mengatakan bahwa tujuan kedatangan rombongan dari Purworejo ini adalah untuk belajar mengenai pengelolaan pasar dan sekaligus pengelolaan sampah yang berasal dari pasar tradisional. Drs. Eko Untung Widodo menambahkan bahwa dari 27 pasar yang dikelola oleh Pemkab Purworejo sampai saat belum ada pengolahan sampah yang di anggap baik. Pasar Bunder sebagai Percontohan Pasar Sehat dan juga Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder yang telah lebih dari 2 tahun beroperasi dinggap sebagai tempat yang layak untuk belajar.Dalam sambutannya Heru Martono mengatakan bahwa sebenarnya Pasar Bunder dengan pengolahan sampahnya juga masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi. Salah satu permasalahan yang cukup mengganggu adalah masih rendahnya kesadaran pedagang untuk memilah sampah organik dan non-organik yang dibuang ke tempat sampah, sehingga dalam pengelolaan sampah perlu dilakukan lagi proses pemilahan yang membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus sehingga secara bertahap terjadi perubahan perilaku pedagang ke arah yang lebih baik.

Setelah dari Aula DP2D rombongan dari Pemkab Purworejo langsung melanjutkan perjalanan ke Pasar Bunder untuk melihat dari dekat kondisi Pasar Bunder dan juga ke tempat pengolahan sampah yang juga terletak tidak jauh dari Pasar Bunder untuk melakukan tanya jawab dengan pengelola pengolahan sampah dan melihat langsung proses produksi pembuatan pupuk organik dari sampah pasar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: