Kunjungan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk di Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder

Pada hari Sabtu (30/1), dalam rangka pengembangan program Community Development, PT. BUKIT ASAM (Persero) Tbk wilayah kerja Tanjung Enim Sumsel mengadakan study banding di Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder. Rombongan PT. BUKIT ASAM (Persero) Tbk terdiri dari 3 orang yang dipimpin oleh M. Azhari selaku Evaluator Data dan Pelaporan. Kunjungan study banding ini diterima oleh Suyoto selaku Kepala Seksi Pemeliharaan dan Keamanan Pasar DP2D Kab. Sragen, Santoso, SE Kepala UPTD Kec. Sragen Kota serta Mulyanto selaku Ymt. Kepala Pasar Bunder.

M. Azhari selaku pimpinan rombongan study banding mengatakan sengaja berkunjung ke UPS Pasar Bunder untuk melihat secara langsung kegiatan pengolahan sampah yang berasal dari Pasar Bunder menjadi kompos atau pupuk organik. UPS Pasar Bunder dianggap telah berhasil melaksanakan fungsi 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle sampah menjadi barang yang berguna bagi masyarakat.

Suyoto selaku Kasi Pemeliharaan dan Keamanan Pasar mengatakan banyak sekali manfaat yang diperoleh dari keberadaan Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder yang merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Sragen dengan Yayasan Danamon Peduli. Manfaat-manfaat tersebut antara lain dari pengolahan sampah langsung di lokasi asal sampah berasal maka mengurangi volume sampah yang mesti di buang ke TPA sehingga dapat memperpanjang usia pakai TPA. Selain itu dengan sampah yang di kelola maka Pasar Bunder menjadi lebih bersih dan sehat. Unit Pasar Bunder sedikitnya menyerap 4 orang tenaga kerja sehingga sedikit banyak juga membantu mengatasi masalah pengangguran dan juga hasil produksi Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder berupa kompos dan pupuk organik membantu memperbaiki struktur tanah pertanian yang mulai rusak akibat pemakaian pupuk kimia yang overdosis.

M Azhari selaku pimpinan rombongan mengatakan cukup kagum dengan apa yang telah dilakukan Pemkab Sragen dengan program pengolahan sampah Pasar Bunder. Dengan dana bantuan yang tidak begitu besar dari Yayasan Danamon Peduli jika dibandingkan dengan dana untuk kegiatan CSR PT. Bukit Asam ( Persero ) Tbk yang mencapai 30 milyar rupiah per tahun, UPS Pasar Bunder dianggap telah cukup berhasil menjalankan program yang menyentuh dan menyasar langsung ke kegiatan masyarakat sesuai tujuan dari CSR. Selain itu UPS Pasar Bunder dianggap sebagai contoh kegiatan yang berkelanjutan, ada value added dan mempunyai impact atau dampak yang luar biasa bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: