PERESMIAN UNIT PENGOLAH SAMPAH PASAR BUNDER (UPSPB ) SRAGEN

Sampah merupakan permasalahan yang terjadi hampir diseluruh pasar tradisional. Sebagian besar orang beranggapan bahwa sampah merupakan benda sisa atau yang sudah rusak atau yang dianggap sudah tidak terpakai. Karena itu, sampah perlu dibuang ke suatu tempat karena bisa mengganggu, apakah karena baunya, atau bisa menjadi sarang penyakit, atau mengganggu estetika permukiman. Selama ini sebagian besar pasar tradisional dalam mengelola sampah masih bertumpu pada pendekatan akhir (end of pipe), yaitu sampah dikumpulkan, diangkut, dan dibuang ke tempat pemrosesan akhir sampah ( TPA ). Hal ini berpotensi besar melepas gas metan ( CH4 ) yang dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca dan memberikan kontribusi terhadap pemanasan global. Selain itu juga diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengangkut sampah tersebut ke TPA.Supaya persoalan yang sama tidak terulang lagi, yang krusial adalah mengubah manajemen persampahan. Budaya pengurusan sampah mesti diubah, bukan dibuang tetapi dikelola. Paradigma baru memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomi, misalnya untuk energi, pupuk kompos, ataupun untuk bahan baku industri.

Berbagai upaya telah dilakukan manusia untuk mengkonversi sampah sehingga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Begitu juga dengan Kabupaten Sragen melalui Dinas Pengelola Pasar, Retribusi dan Pajak Daerah (DISPENDA) mencoba membuktikan bahwa sampah bukanlah masalah, namun dapat menjadi berkah. Bekerjasama dengan Yayasan Danamon Peduli ( YDP ) pada tanggal 10 April 2008 telah di lakukan penandatanganan kerjasama pengembangan Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder. Unit ini bertugas mengkonversi sampah organik yang berasal dari Pasar Bunder Sragen menjadi pupuk kompos, pupuk cair dan bio gas.

peresmian UPS Pasar Bunder Sragen

Gambar Peresmian Unit Pengelohan Sampah Pasar Bunder oleh Bupati Sragen Untung Wiyono dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli Ibu Risa Bhinekawati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: